DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

BPTUHPT PADANG MENGATAS

Admin
Kamis, 22 April 2021
338 Dibaca
...

BPTU Padang Mengatas

 

Lokasi : Kecamatan Luak, Nagari Mungo, Jorong Indobaleh Barat.

Fasilitas : Jalan Layang, Jembatan, Pos Jaga.

Tiket - Parkir Roda 4/ Roda 2 : Rp.-,-

Pengelola : BPTU Padang Mengatas

(KUNJUNGAN TERBATAS)

Informasi/Contact : (0752) 759369

instagram : Bptuhpt Padang Mengatas

facebook : Bptuhpt Padang Mengatas

Search BPTU Sapi Potong Padang Mengatas

 

Deskripsi

Terletak paling atas dari kaki Gunuang Sago sehingga disebut dengan Padang Mengateh (Padang Mengatas). Warisan pendudukan Belanda yang didirikan pada tahun 1916 ini berjarak  20 Km dari ibu kota kabupaten, Sarilamak dan  12 Km dari Kota Payakumbuh. Peternakan yang sempat menjadi yang terbesar se Asia Tenggara ini bisa ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Padang Mangateh sepenuhnya adalah tempat pengembangan bibit sapi seluas 280 Ha yang berada dibawah Kementerian Pertanian dan Peternakan. Namun keindahan bentangan alam yang dibalut nuansa peternakan, serta udara pegunungan yang sangat sejuk dan bersih merupakan potensi wisata yang sangat besar bagi wilayah ini. Peternakan ini viral setelah dikunjungi oleh mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak hanya wisatawan lokal yang berdatangan, wisatawan nasional pun ramai berkunjung hanya untuk mengabadikan moment mereka di tempat ini. Beragam stasion TV swasta dan para youtuber menjadikan Padang Mangateh sebagai objek siaran mereka.

Walau Padang Mangateh bukanlah sebuah objek wisata, namun potensi wisata yang dimilikinya sangat luar biasa. Selain dari keindahan alam yang dimilikinya, kegiatan beternak sapi yang terdapat di sini juga bisa menjadi nilai jual tersendiri. Bagi wisatawan yang berminat mengunjungi tempat ini tentunya tidak akan berhubungan dengan Dinas Pariwisata terkait, akan tetapi langsung berhubungan dengan pihak BPTU Padang Mengatas. Besar harapan suatu saat terjadi ikatan MOU antara Padang Mangateh dengan Kepariwisataan sehingga potensi wisata yang sangat besar ini bisa dinikmati oleh seluruh pihak dan lapisan masyarakat.

 

Berita terbaru
Kamis, 18 April 2024 80 Dibaca
Senin, 26 Desember 2022 395 Dibaca
Senin, 28 November 2022 345 Dibaca
`

Feedback